KETUA PEMUDA MUSTIKA REMAJA DARI GENERASI KE GENERASI

“Sebelumnya kami selaku admin mengucapkan salam kepada pembaca www.trukanbercak.blogspot.com, semuga rahmat Tuhan YME selalu tercurah bagi kita semua”
Kali ini admind ingin mengulas sedikit mengenai Organisasi Pemuda “Mustika Remaja” Kampung Trukan Bercak, yang telah berdiri lebih dari 30 tahun yang lalu. Tentu perjalanan Mustika remaja telah mengalami dinamika dan perubahan pengurus dari tahun ke tahun. Perjalanan berat sebuah organisasi di kampung kecil, dengan perubahan dan tantangan zaman yang semakin kompleks.

Organisasi Pemuda (Mustika Remaja) di Kampung Trukan Bercak merupakan garda terdepan dalam pembangunan sosial kemasyarakatan.  Oraganisiasi pemuda adalah wadah aspirasi masyarakat kampung trukan, khususnya pemuda dan pemudi. Selain itu, pemuda merupakan eksekutor program-program sosial kemasyarakatan Kampung Trukan Bercak seperti : Acara tahunan 17 Agustusan, Sinoman (organizer pernikahan adat jawa), kerja bakti, dan kegiatan serta atau program-rogram pemberdayaan sosial kemasyarakatan lainya.

Tentu dalam suatu organisasi sosial memerlukan banyak orang-orang yang terlibat. Orang-orang yang mau mengorbankan waktu, ilmu, dan tenaganya untuk mengurus perkembangan organisasi secara sukarela (tanpa dibayar) dan penuh perjuangan. “Semuga Allah SWT yang membalas jasa, serta jerih payah perjuangan para pengurus Mustika Remaja dengan karunianya yang tiada batas.”

Pada artikel ini penulis ingin menuliskan tentang profil para pemuda yang pernah menjabat sebagai ketua. Tujuan artikel ini adalah untuk menghargai serta mengabadikan perjuangan mereka, tanpa mengesampingkan rekan-rekan lain yang memiliki jabatan struktural lainya. Karena menurut admind menjadi ketua pada organisasi sosial merupakan beban kewajiban yang sangat berat. Yups.. langsung saja inilah profil para ketua MR dari generasi ke generasi cekidot .... :)

Bapak Supari (Kelik)
(Ketua ke 1 MR)
KETUA PEMUDAAdmin tidak memiliki data pasti mengenai periode masa kepemimpinan Bapak Supari, yang jelas beliau menjabat sebagai ketua pemuda pada sekitar tahun 80 sampai awal tahun 90an.
Beliau termasuk salah satu  pendiri organisasi bersama rekan-rekan seangkatan pada masa generasi beliau diantaranya Bapak Sugiman (Bapak RT saat ini), Alm. Bapak Tugiman, dan tokoh-tokoh dusun lainya.



Bapak Eko Prantoro
(Ketua ke 2 MR)
Admin tidak memiliki data pasti mengenai periode masa kepemimpinan Bapak Eko Prantoro sebagai ketua Mustika Remaja. Yang jelas beliau menjabat pada periode tahun 90an. Beliau memiliki masa jabatan paling lama sebagai ketua mustika remaja. Hal ini dikarena beliau memiliki kapabilitas serrta jiwa kepemimpinan yang sangat baik dan diakui di kalangan pemuda-pemudi pada masa itu.
Pada masa kepemimpinanya banyak program-program kreatif yang dilajalankan pemuda pemudi Mustika Remaja.
Aktifitas di luar kegiatan organisasi beliau saat ini bekerja swasta di Carefour.

Bapak Danang Tripitoyo
(Ketua ke 3 MR)

KETUA PEMUDA
Bapak Danang Tripitoyo dipilih sebagai ketua pemuda setelah Bapak Eko Prantoro mengundurkan diri dari jabatanya untuk fokus pada pengelolaan organisasi Dusun bersama organisasi bapak-bapak (Minggu Kliwonan). Bapak Danang juga merupakan tokoh pemuda yang sangat aktif dalam kepengurusan Organisasi Mustika Remaja dan Kampung Trukan Bercak. Dalam periode kepemimpinanya beliau juga termasuk pemimpin yang aktif menginisiasi beberapa program serta sering menjadi utusan masyarakat dalam mewakili berbagai kegiatan antar dusun. Program-program dalam bidang olahraga juga semakin maju.
Aktifitas di luar kegiatan organisasi beliau saat ini wirausaha.

Bapak Tri Purwanto
(Ketua ke 4 MR)
KETUA PEMUDA
Bapak Tri Purwanto menjabat setelah periode jabatan kepengurusan Bapak Danang sebagai ketua berakhir. Masa jabatan beliau tahun 2011 sampai tahun 2012. Dalam kepemimpinanya beliau juga termasuk orang yang tegas dan disiplin dalam menggerakan organisasi. Aktifitas di luar organisasi beliau saat ini berwira usaha ternak burung kenari.

Sdr. Hary Hermawan
(Ketua ke 5 MR)
KETUA PEMUDA
Sdr. Hary Hermawan menjabat pada tahun 2013-2015, beliau termasuk pemimpin yang inovatif dan kreatif. Pada masa kepemimpinanya banyak inovasi program-program pemuda yang dijalankan misalnya jalan santai dan senam masal Kampung Trukan Bercak. Karena Hobby beliau di bidang kesenian dan musik, beliau menggerakan pemuda dan pemudi mengepresikan diri pada ranah positif yaitu bermain musik dan kesenian. Beliau berrsama rekan rekan pemuda pemudi membentuk beberapa band yaitu Free Expresion dan terakhir Yowes Band. Aktifitas di luar kegiatan organisasi beliau saat ini bekerja dosen di salah satu kampus swasta di Bandung.

Sdr. Mugi Hariyanto (Mas Nanang)
(Ketua ke 6 MR)
KETUA PEMUDA
Sejak mengawali masa jabatan tahun 2015, masa kememimpinan Sdr. Mugi Hariyanto (Mas Nanang) masih berjalan hingga sekarang. Diantara prioritas program beliau adalah menyatukan kembali kekompakan pemuda-pemudi yang saat ini mulai berubah seiring tantangan dan tuntutan zaman. Beliau bersama Mas Wanda dan kawan-kawan menginisiasi Trukan Bycycle Community, yang aktifitasnya kegiatan bersepeda setiap hari Minggu pagi. Aktifitas di luar kegiatan organisasi beliau saat ini bekerja swasta membuka usaha loundry serta servis elektronik.

Begitulah ulasan mengenai siapa-siapa saja yang perrnah menjabat sebagai Ketua pemuda di Dusun Trukan Bercak. Tentunya ketua tidak dapat bekerja sendirian, sangat besar juga jasa dari pengurus-pengurus lain yang pernah menjabat yang akan admind sampaikan pada kesempatan lain. Semuga artikel ini mampu menumbuhkan kepedulian dan memotivasi Muda-Mudi generasi sekarang untuk memakmurkan organisasi pemuda.


“Besar harapan agar Organisasi Mustika Remaja terus jaya menjadi motor penggerak kemajuan sosial-masyarakat di Dusun Trukan Becak”


Artikel sangat membutuhkan umpan balik pembaca, mengingat keterbatasan data sebagai rujukan yang dapat admind sampaikan pada artikel ini. 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment